aneka rujak yumy

hallo.. om swastiastu. kembali lagi bersama saya ningrum di blog ke tigaku. langsung to the point aja ya biar enggk banyak basa-basi, disini aku mau ngebahas tentang macam-macam rujak di nusantara.

Rujak merupakan makanan tradisional yang berisi campuran buah dan sayuran serta potongan lainnya lalu diguyur kuah atau bumbu pedas spesial. Menurut daerah asalnya, rujak mengalami diferensiasi baik dari segi isi maupun bumbu. 
 Rujak Cingur
Yang paling terkenal dan nikmatnya tak diragukan adalah Rujak Cingur dari Surabaya, Jawa Timur. Cingur adalah mulut atau moncong sapi yang direbus dan diiris menjadi campuran bersama timun, bendoyo, bengkuang, lontong, tahu, tempe, kecambah, kangkung, dan sayur alur. Gurihnya kacang yang diuleg bersama petis, cabai, dan pisang klutuk menjadikan Rujak Cingur sebagai salah satu rujak terbaik yang pernah ada.

Rujak Cingur via www.infomakan.com

Rujak Kuah Pindang
Di Bali, ada Rujak Kuah Pindang yang tak boleh dilewatkan. Berisi potongan buah segar ala rujak manis yang kerap dijajakan di pinggir jalan. Bedanya, rujak ini menggunakan bumbu berupa kuah encer yang terbuat dari ikan, garam, terasi, dan cabai. Rasanya berbaur antara asin, gurih, pedas, dengan aroma ikan yang sangat kuat.

Rujak Kuah Pindang via www.kompastravelfair.com

Rujak Bulung
Masih di Bali, jika Rujak Kuah Pindang berisi aneka buah-buahan, maka Rujak Bulung berisi rumput laut yang dibedakan menjadi dua jenis yakni Bulung Buni yang tidak dimasak tapi hanya dicuci menggunakan air panas lalu disajikan ala urap-urap, dan satunya lagi adalah Bulung Rambut yang disajikan bersama kuah pindang. Rasanya jangan ditanya, selain nikmat, kandungan gizinya pun luar biasa.

Rujak Bulung Buni via www.ksmtour.com

Rujak Bebeg
Rujak Bebeg atau Rujak Bebek berasal dari Pulau Jawa, khususnya Cirebon. Biasa dihidangkan saat hajatan tujuh bulanan bagi ibu hamil dan mempunyai rasa yang sangat segar. Dinamakan Rujak Bebeg sebab cara membuatnya diebek-ebek atau dilumatkan. Potongan buah mangga, mentimun, jambu, bengkuang, nanas, bahkan mengkudu dimasukkan dalam lesung kecil atau alu lalu ditumbuk bersama bumbu yang terbuat dari gula merah, terasi, asam jawa, serta cabai dan garam.

Rujak Bebeg via www.ferdfound.com

Asinan
Asinan dihasilkan dari pengacaran buah dan sayuran menggunakan garam dan cuka. Bedanya, asinan disajikan dalam keadaan asam, manis, asin, sementara rujak disajikan segar. Dari jenis asinan yang ada, Asinan Betawi dan Asinan Bogor paling digemari. Asinan Betawi lazim berisi sayuran seperti sawi, kubis, tauge, tahu, selada, dan kuahnya diberi tumbukan kacang yang sudah bercampur cuka dan cabai. Selain itu, Asinan Betawi juga dilengkapi krupuk mi. Sementara itu, Asinan Bogor berisi potongan buah segar yang telah diacar seperti mangga muda, jambu air, pepaya mengkal, kedondong, bengkuang, serta nanas dan disajikan bersama kuah cuka yang asam, manis, segar dengan taburan kacang goreng.

Asinan Bogor via www.kuliner.panduanwisata.id

Rujak Petis Madura
Cara membuatnya sederhana saja, petis dari Pulau Madura yang asin dan pekat dihaluskan bersama air dan cabai hingga bisa dicocol dengan potongan buah mangga muda atau mentimun. Menikmati Rujak Petis ala Madura sangat cocok ditemani segelas Es Dawet penghilang dahaga.

Rujak Petis Madura via www.tokopedia.com

Rujak Asin
Di Paciran, Kabupaten Lamongan, kita bisa menjumpai Rujak Asin yang dari segi rasa hampir sama dengan Rujak Petis Madura. Hanya saja Rujak Asin menggunakan campuran kacang, terasi, asam jawa, serta pisang klutuk yang ditumbuk jadi satu sebagai bumbunya, lalu dicocol dengan potongan buah berukuran besar.

Rujak Asin Paciran via www.lamonganoke.wordpress.com
Rujak Asin Paciran via www.lamonganoke.wordpress.com

Rujak Es Krim
Hawa gerah di siang hari memang cocok untuk menikmati semangkuk Rujak Es Krim yang dijajakan di halaman Puro Pakualaman Yogyakarta. Kuliner legendaris tersebut sejatinya adalah rujak buah serut ditambah es puter yang terbuat dari santan. Sambil bercengkrama di bawah rindang pepohonan, lelehan es krim lembut dan segarnya rujak serut membuat Anda tak lagi cemberut.

Rujak Asin Paciran via www.lamonganoke.wordpress.com
Rujak Es Krim Jogja via www.visitingjogja.com

Rujak Jambu Mede
Sebagian orang memang tidak menyukai jambu mete yang terasa sepat dan airnya mampu meninggalkan bekas noda. Tapi bagi yang menyukainya, jambu mede juga enak dijadikan rujak. Mau mencoba?

Jambu Mede via www.jambumonyetunggul.blogspot.com

Rujak Mie
Rujak unik selanjutnya yang layak dicoba adalah Rujak Mie Palembang (mpek-mpek). Berisi mie kuning, tahu, tauge, serta potongan timun, lalu diguyur kuah cuko yang aduhai sedapnya!

Rujak Mi Palembang via www.cookpad.com
 Rujak Manis
Jika Anda berjalan-jalan kemanapun pasti akan menemukan pedagang rujak manis ini,dengan bermacam buah-buahan. Bumbu rujak manis yang terbuat dari gula aren, asam jawa, serta tumbukan kacang tanah tersebut akan sangat serasi bila dicocol bersama buah-buahan segar nan crunchy.

Rujak Manis via www.jelasininformation.blogspot.com
Wah, ternyata Indonesia mempunyai banyak sekali varian rujak yang unik, nikmat, dan patut dicoba. Dari sekian banyak rujak yang ada, manakah yang telah Anda coba dan menjadi favorit keluarga? komen dibawah yaa.. makasii

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bengkel dinamo sekitar gianyar

Serial india chandra nandini